02.UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Profil

Program Studi

USU memiliki 14 fakultas/sekolah yaitu Kedokteran, Hukum, Pertanian, Teknik, Kedokteran Gigi, Ekonomi, Sastra, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu-ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Psikologi, Keperawatan dan Pascasarjana. Jumlah program studi yang ditawarkan sebanyak 135, terdiri dari 19 tingkat doktoral, 32 magister, 18 spesialis, 5 profesi, 46 sarjana, dan 15 diploma. Jumlah mahasiswa terdaftar saat ini lebih dari 33.000 orang, 1000 di antaranya adalah mahasiswa asing.

Sekilas Pandang

Sejak awal pendiriannya, USU dipersiapkan menjadi pusat pendidikan tinggi di Kawasan Barat Indonesia. Sewaktu didirikan pada tahun 1952, USU merupakan sebuah Yayasan, kemudian beralih status menjadi PTN pada tahun 1957, dan selanjutnya berubah menjadi PT-BHMN pada tahun 2003.
Biro Rektor
USU memiliki visi menjadi University for Industry (UfI), dengan misi: (1) mempersiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat bermoral dengan kemampuan akademik dan/atau profesional dan/atau vokasional untuk menerapkan, mengembangkan, dan memperkaya ilmu pengetahuan, teknologi dan seni; (2) mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan seni terutama pada kerjasama berbasis industri, dan pengembangan aplikasinya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional; dan (3) mendukung pengembangan masyarakat sipil yang demokratis melalui peran USU sebagai suatu kekuatan moral yang otonom untuk mencapai kemampuan yang kuat dalam lingkungan kompetisi global melalui pengelolaan secara profesional sumber daya manusia, memperluas partisipasi dalam pembelajaran, memenuhi kebutuhan nasional dalam pembelajaran, dan memodernisasi cara pembelajaran.

Kampus USU berlokasi di Padang Bulan, sebuah area yang hijau dan rindang seluas 120 ha yang terletak di tengah Kota Medan. Zona akademik seluas 90 ha menampung hampir seluruh kegiatan perkuliahan dan praktikum mahasiswa. Sistem pembelajaran didukung oleh fasilitas perpustakaan dan lebih dari 200 laboratorium. Perpustakaan menyediakan berbagai jenis sumber belajar baik dalam bentuk cetak maupun elektronik. Perpustakaan USU merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia saat ini. Kampus Padang Bulan juga didukung oleh infrastruktur teknologi informasi untuk memfasilitasi akses terhadap berbagai sumber daya informasi dan pengetahuan untuk mendukung proses pembelajaran dan penelitian mahasiswa dan dosen.

Suasana Perpustakaan
Selain itu di dalam kampus juga terdapat berbagai sarana seperti asrama, arena olah raga, wisma, kafetaria, toko, bank, dan kantor pos. Wisuda dan berbagai acara akademik lainnya diadakan di Auditorium dan Gelanggang Mahasiswa. Sebuah rumah sakit pendidikan yang  berlokasi dikampus Padang  bulan telah dimulai pembangunannya sejak Agustus 2009.

Sebuah kampus baru seluas 300 ha yang berlokasi di Kwala Bekala, berjarak 15 km dari Kampus Padang Bulan sedang dikembangkan, yang saat ini digunakan untuk mendukung berbagai penelitian dan percobaan di bidang pertanian, kehutanan, perkebunan, dan peternakan. Dalam upaya mengembangkan diri sebagai universitas berjangkauan luas, USU mengelola Kebun Percobaan seluas sekitar 550 ha di Langkat. USU juga telah memperoleh izin pengembangan hutan percontohan seluas 10.000 ha di Mandailing Natal.
Keunggulan Kompetitif

Diawali dengan membuka sekolah kedokteran, USU memposisikan diri sebagai universitas unggulan. Proses pendidikan dan penelitian melibatkan 1.632  orang dosen, 81% di antaranya memiliki latar belakang pendidikan pascasarjana. Hingga saat ini USU memiliki lebih dari 103.000 alumni yang tersebar di seluruh pelosok tanah air. Sejumlah alumni menempati posisi penting di berbagai sektor kerja, baik pemerintahan maupun swasta.

Program studi bidang kesehatan seperti Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Farmasi saat ini menjadi primadona bagi mahasiswa asing terutama yang berasal dari Malaysia. Program studi pada Fakultas MIPA dan Pertanian menjadi ujung tombak berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Program Studi Etnomusikologi memiliki kekhasan tentang musik-musik etnik di Sumatera. Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial dan Ilmu Politik banyak terlibat dalam pengembangan hukum dan penataan administrasi pemerintahan. Sebuah produk penjernihan air – Ferro Filter – hasil penemuan dosen Fakultas Teknik sedang dalam proses pengurusan hak paten, telah banyak digunakan di berbagai wilayah Sumatera.

Penataan dan pengembangan sistem penjaminan mutu, yang didukung dengan komitmen tinggi para manajer di semua lini, dilakukan secara terus-menerus dan menjadi agenda utama USU dalam upaya menghasilkan lulusan dan produk terbaik.

Sejarah

Sejarah Universitas Sumatera Utara (USU) dimulai dengan berdirinya Yayasan Universitet Sumatera Utara pada tanggal 4 Juni 1952. Pendirian yayasan ini dipelopori oleh Gubernur Sumatera Utara untuk memenuhi keinginan masyarakat Sumatera Utara khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya.

Yayasan ini diurus oleh suatu Dewan Pimpinan yang diketuai langsung oleh Gubernur Sumatera Utara, dengan susunan sebagai berikut: Abdul Hakim (Ketua); Dr. T. Mansoer (Wakil Ketua); Dr. Soemarsono (Sekretaris/Bendahara); Ir. R. S. Danunagoro, Drh. Sahar, Drg. Oh Tjie Lien, Anwar Abubakar, Madong Lubis, Dr. Maas, J. Pohan, Drg. Barlan, dan Soetan Pane Paruhum (Anggota).

Plakat Yayasan Universitas Sumatera Utara
Sebenarnya hasrat untuk mendirikan perguruan tinggi di Medan telah mulai sejak sebelum Perang Dunia-II, tetapi tidak disetujui oleh pemerintah Belanda pada waktu itu. Pada zaman pendudukan Jepang, beberapa orang terkemuka di Medan termasuk Dr. Pirngadi dan Dr. T. Mansoer membuat rancangan perguruan tinggi Kedokteran. Setelah kemerdekaan Indonesia, pemerintah mengangkat Dr. Mohd. Djamil di Bukit Tinggi sebagai ketua panitia. Setelah pemulihan kedaulatan akibat clash pada tahun 1947, Gubernur Abdul Hakim mengambil inisiatif menganjurkan kepada rakyat di seluruh Sumatera Utara mengumpulkan uang untuk pendirian sebuah universitas di daerah ini.
Pada tanggal 31 Desember 1951 dibentuk panitia persiapan pendirian perguruan tinggi yang diketuai oleh Dr. Soemarsono yang anggotanya terdiri dari Dr. Ahmad Sofian, Ir. Danunagoro, dan sekretaris Mr. Djaidin Purba.
Selain Dewan Pimpinan Yayasan, Organisasi USU pada awal berdirinya terdiri dari: Dewan Kurator, Presiden Universitas, Majelis Presiden dan Asesor, Senat Universitas, dan Dewan Fakultet.
Sebagai hasil kerja sama dan bantuan moril dan material dari seluruh masyarakat Sumatera Utara yang pada waktu itu meliputi juga Daerah Istimewa Aceh, pada tanggal 20 Agustus 1952 berhasil didirikan Fakultas Kedokteran di Jalan Seram dengan dua puluh tujuh orang mahasiswa diantaranya dua orang wanita. Tanggal 20 Agustus 1952 telah ditetapkan sebagai hari jadi atau Dies Natalis USU yang diperingati setiap tahun.
Mahasiswa USU Angkatan Pertama
Mahasiswa Angkatan Pertama
Kemudian disusul dengan berdirinya Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (1954), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (1956), dan Fakultas Pertanian (1956).
Pada tanggal 20 November 1957, USU diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Dr. Ir. Soekarno menjadi universitas negeri yang ketujuh di Indonesia.
Pada tahun 1959, dibuka Fakultas Teknik di Medan dan Fakultas Ekonomi di Kutaradja (Banda Aceh) yang diresmikan secara meriah oleh Presiden R.I. Kemudian disusul berdirinya Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (1960) di Banda Aceh. Sehingga pada waktu itu, USU terdiri dari lima fakultas di Medan dan dua fakultas di Banda Aceh.
Selanjutnya menyusul berdirinya Fakultas Kedokteran Gigi (1961), Fakultas Sastra (1965), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (1965), Fakultas Ilmu-ilmu Sosial dan Ilmu Politik (1982), Sekolah Pascasarjana (1992), Fakultas Kesehatan Masyarakat (1993), Fakultas Farmasi (2007), Fakultas Psikologi (2008), dan Fakultas Keperawatan (2009).
Pada tahun 2003, USU berubah status dari suatu perguruan tinggi negeri (PTN) menjadi suatu perguruan tinggi Badan Hukum Milik Negara (BHMN). Perubahan status USU dari PTN menjadi BMHN merupakan yang kelima di Indonesia. Sebelumnya telah berubah status UI, UGM, ITB dan IPB pada tahun 2000. Setelah USU disusul perubahan status UPI (2004) dan UNAIR (2006).
Dalam perkembangannya, beberapa fakultas di lingkungan USU telah menjadi embrio berdirinya tiga perguruan tinggi negeri baru, yaitu Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh, yang embrionya adalah Fakultas Ekonomi dan Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan USU di Banda Aceh. Kemudian disusul berdirinya Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri Medan (1964), yang sekarang berubah menjadi Universitas Negeri Medan (UNIMED) yang embrionya adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan USU. Setelah itu, berdiri Politeknik Negeri Medan (1999), yang semula adalah Politeknik USU.

Pimpinan Universitas

1957-1958
1958-1962
1962-1964
1964-1965
1965-1966
1966 (Mei-Nov)
1966-1970
1970-1978
1978 (Mei-Juli)
1978-1986
1986-1994
1994-2010
2010-2015
Z. A. Soetan Koemala Pontas, Ketua Presidium
Prof. Dr. Ahmad Sofian, Presidium
Prof. Mr. Mahadi, Ketua Presidium
Ulung Sitepu, Presidium
Drg. Nazir Alwi, Rektor
Prof. Dr. S. Hadibroto, M.A., Pejabat Rektor
Dr. S. Harnopidjati, Rektor
Harry Suwondo, SH, Rektor
O. K. Harmaini, SE, Ketua Rektorium
Dr. A. P. Parlindungan, SH, Rektor
Prof. M. Jusuf Hanafiah, Rektor
Prof. Chairuddin P. Lubis, D.T.M.&H., Sp.A.(K), Rektor
Prof. Dr. dr. Syahril Pasaribu, DTM&H, M.Sc.(CTM), Sp.A.(K)

Organisasi

Struktur

Struktur organisasi USU sebagai PT-BHMN terdiri dari:Majelis Wali Amanat (MWA), Dewan Audit, Unit Usaha Komersial, Senat Akademik, Pimpinan Universitas (Rektor dan Pembantu Rektor), Dewan Guru Besar (DGB), Sekretaris Eksekutif, Satuan Audit Internal, dan Satuan Penjaminan Mutu (organisasi sentral);Fakultas, Sekolah Pasacasarjana, dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (unsur pelaksana akademik);

Biro Akademik, Biro Sumber Daya Manusia, Biro Keuangan, Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian, Biro Perencanaan dan Kerjasama, dan Biro Pengembangan dan Pemeliharaan Aset (unsur pelaksana administratif); dan

Perpustakaan dan Sistem Informasi, Pelayanan dan Pengembangan Pendidikan, Unit Usaha Non Komersial, dan Unit Pengadaan (unsur penunjang).

Visi, Misi, dan Tujuan

Visi:

University for Industry.

Misi:

  1. Mempersiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat akademik dan profesional dalam menerapkan, mengembangkan pengetahuan ilmiah, teknologi dan seni, serta berdaya saing tinggi.
  2. Memperluas partisipasi dalam pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan nasional dalam pembelajaran dan modernisasi cara pembelajaran.
  3. Mengembangkan dan menyebarluaskan pengetahuan ilmiah, teknologi, seni, dan rancangan penerapannya untuk mendukung produktivitas dan daya saing masyarakat.
Tujuan:
  1. Memperluas partisipasi dalam pelayanan pendidikan bagi masyarakat dalam mendukung pemenuhan pendidikan nasional serta memodernisasi cara pembelajaran.
  2. Meningkatkan partisipasi aktif dalam pengembangan ilmiah, teknologi dan seni/budaya serta kemanusiaan.
  3. Mengembangkan pusat informasi serta sistem teknologi komunikasi dan sistem penjaminan mutu yang handal.
  4. Membangun sistem tata pamong universitas yang efektif, efisien dan demokratis.
  5. Mewujudkan lingkungan pengajaran dan pembelajaran yang kondusif.
  6. Memperkuat departemen dalam pengelolaan disiplin silang antar departemen/program studi.
  7. Membangun kemampuan pendanaan sendiri melalui kerjasama/kemitraan dalam usaha-usaha ventura.
  8. Mengembangkan kemampuan dalam memasarkan produk-produk pengetahuan ilmiah, konsep-konsep, pemecahan masalah industrial, jasa tenaga ahli, dan lain-lain.
  9. Membangun pendekatan baru dalam pembelajaran yang berfokus kepada pembelajaran sesuai kebutuhan (demand-driven learning system)

Pimpinan

Pimpinan universitas berfungsi untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di universitas yang dipimpinnya.

Pimpinan Universitas (2010-2015)

Pimpinan Universitas

  Prof. Dr. dr. Syahril Pasaribu, D.T.M.&H., M.Sc. (C.T.M.), Sp.A.(K.)
Rektor

  Prof. Ir. Zulkifli Nasution, M.Sc., Ph.D
Pembantu Rektor I bidang Akademik
Prof. Dr. Ir.  Armansyah Ginting, M.Eng
Pembantu Rektor II bidang Kepegawaian dan Keuangan
Prof. Dr. Eddy Marlianto, B.Sc, M.Sc, Ph.D
Pembantu Rektor III bidang Kemahasiswaandan Alumni
Prof. Dr. Ningrum Natasya Sirait, S.H., M.LI
Pembantu Rektor IV bidang Perencanaan dan Kerjasama
  Ir. Yusuf Husni
Pembantu Rektor V bidang Aset dan Perlengkapan
  Drs. M. Lian Dalimunthe, M.Ec., Ak.
Sekretaris Eksekutif

Pimpinan Fakultas dan Sekolah

Prof. Gontar A. Siregar, Sp.PD-KGEH
Dekan Fakultas Kedokteran
  Prof. Dr. Runtung, S.H., M.Hum.
Dekan Fakultas Hukum

  Prof. Dr. Ir. Dharma Bakti, M.S.
Dekan Fakultas Pertanian
Prof. Dr. Ir. Bustami Syam, M.S.M.E.
Dekan Fakultas Teknik
Drs. Jhon Tafbu Ritonga, M.Ec.
Dekan Fakultas Ekonomi
Prof. Nazruddin, drg., C.Ort., Ph.D
Dekan Fakultas Kedokteran Gigi
Dr. Drs. Syahron Lubis, M.A.
Dekan Fakultas Ilmu Budaya
Dr. Sutarman, M.Sc.
Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Prof. Dr. Drs. Badaruddin, M.Si.
Dekan Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Dr. Drs. Surya Utama, M.S.
Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat
  Prof. Dr. Drs. Sumadio Hadisahputra, Apt.
Dekan Fakultas Farmasi

Prof. Dr. Dra. Irmawati, M.Si.
Dekan Fakultas Psikologi
dr. Dedi Ardinata, M.Kes
Dekan Fakultas Keperawatan

rahim matondang Prof. Dr. Ir. A. Rahim Matondang, M.S.I.E.
Direktur Sekolah Pascasarjana

Pimpinan Lembaga

Prof. Dr. Drs. Urip Harahap, M.Sc., Apt. Prof. Dr. Drs. Urip Harahap, M.Sc., Apt.
Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat
ridwan siregar Dr. A. Ridwan Siregar, M.Lib.
Kepala Perpustakaan dan Sistem Informasi

Ringkasan Program Studi

Program Studi Diploma Sarjana Profesi Spesialis Magister Doktor
1. FAKULTAS KEDOKTERAN
Pendidikan Dokter
Biomedik
Ilmu Kedokteran Tropis
Ilmu Kedokteran
Ilmu Anastesi
Ilmu Bedah
Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan
Ilmu Kehakiman Kedokteran
Ilmu Kesehatan Anak
Ilmu Patologi Anatomi
Ilmu Patologi Klinik
Ilmu Pencintraan (Radiologi)
Ilmu Penyakit Dalam
Ilmu Penyakit Jiwa
Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin
Ilmu Penyakit Mata
Ilmu Penyakit Paru
Ilmu Penyakit Syaraf
Ilmu Penyakit T.H.T.
2. FAKULTAS HUKUM
Ilmu Hukum
Kenotariatan
3. FAKULTAS PERTANIAN
Agribisnis
Agroekoteknologi
Ilmu Peternakan  
Ilmu dan Teknologi Pangan
Kehutanan
Manajemen Sumberdaya Perairan
Ilmu Pertanian
4. FAKULTAS TEKNIK
Arsitektur
Teknik Elektro
Teknik Industri  
Teknik Kimia
Teknik Mesin
 
Teknik Sipil
 
5. FAKULTAS EKONOMI
Akuntansi
 
Ekonomi Pembangunan  
Manajemen  
Keuangan
Kesekretariatan
6. FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI
Pendidikan Dokter Gigi
Ilmu Kedokteran Gigi
Ortodontik
7. FAKULTAS SASTRA
Sastra Arab
Sastra Batak
Sastra Indonesia
Sastra Inggris
Sastra Jepang
Sastra Melayu
Etnomusikologi
Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Ilmu Sejarah
Pariwisata
Sastra Cina
Penciptaan dan Pengkajian Seni
Linguistik
8. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Biologi  
Fisika  
Fisika Instrumentasi
Kimia  
Matematika  
Statistik
Teknik Informatika  
Sistem Informasi
Metrologi
9. ILMU-ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
Antropologi Sosial
Ilmu Administrasi Negara
Ilmu Kesejahteraan Sosial
Ilmu Komunikasi
Ilmu Politik
Ilmu Administrasi Niaga
Sosiologi  
Perpajakan  
Studi Pembangunan
10. FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
Ilmu Kesehatan Masyarakat    
11. FAKULTAS PSIKOLOGI
 Psikologi
12. FAKULTAS FARMASI
Ilmu Farmasi  
Analis Farmasi
13. FAKULTAS KEPERAWATAN
Pendidikan Keperawatan  
Profesi NERS
Bidan Pendidik
14. SEKOLAH PASCASARJANA
Magister Manajemen
Pengembangan Wilayah
Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan

Penghargaan

Penghargaan Nasional

  1. Peringkat 6 Terbaik Perguruan Tinggi Indonesia (Januari 2011) versi 4International College and Universities (4ICU) (www.4icu.org)
  2. TeSCA (Telkom Smart Campus Award) Nominees 2009 (Oktober 2009)
  3. 10 Besar Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia versi Majalah Tempo (2009)

Penghargaan Internasional

  1. 2011 Best New Site Award for OpenCourseWare Exellence (Mei 2011) – OpenCourseWare Consortium (www.ocwconsortium.org)
  2. 100 Besar World Institutional Repositories (Januari 2011) – Webometrics (www.repositories.webometrics.info)
  3. Peringkat 1.056 World Universities (Januari 2011) – Webometrics (www.webometrics.info)

Lokasi Kampus

Kampus Padang Bulan

Kampus USU Padang Bulan sebagai kampus utama berlokasi di Keluarahan Padang Bulan Kecamatan Medan Baru. Kampus ini mulai digunakan sejak tahun 1957, sebelumnya beberapa Fakultas di lingkungan USU menggunakan sejumlah gedung yang tersebar di kota Medan termasuk di antaranya berlokasi di Jalan Seram, Jalan Cik Ditiro, Jalan Sempali, dan Jalan Gandhi. Kampus Padang Bulan yang pada awalnya terdapat di pinggiran kota Medan, kemudiaan dengan perkembangan kota Medan sehingga sekarang berada di tengah-tengah kota. Kampus ini memiliki luas sekitar 122 Ha, dengan zona akademik seluas sekitar 100 Ha yang berada ditengahnya.
Kampus Padang Bulan dapat dicapai dengan mudah baik dari pusat kota maupun dari bandar udara. Jarak kampus dengan pusat kota (Lapangan Merdeka) sekitar 15 km yang dapat ditempuh dengan menggunakan taksi selama sekitar 20 menit atau dengan bus mini angkutan kota selama sekitar 30 menit. Jarak kampus dengan bandar udara Polonia Internasional Airport sekitar 6 km yang dapat ditempuh dengan menggunakan taksi selama sekitar 15 menit.
(klik pada gambar untuk melihat detil denah)

Kampus Kwala Bekala

Perkembangan jumlah mahasiswa USU dalam satu dekade terakhir, lebih dari 30.000 orang pada tahun 2007, dan diperkirakan akan meningkat dua kali lipat pada tahun 2020, telah mendorong USU untuk mengupayakan pengembangan lahan kampus sebagai perluasan dari lahan kampus Padang Bulan. Oleh karena itu, sebuah kampus baru sebagai kampus kedua sedang dipersiapkan yang berlokasi di Kwala Bekala, sekitar 15 km dari kampus Padang Bulan, dengan luas 300 ha atau hampir tiga kali luas kampus Padang Bulan. Lahan kampus Kwala Bekala yang telah dipagar keliling dengan tembok saat ini digunakan sebagian sebagai arboretum – hutan pendidikan, pembenihan kelapa sawit, kebun bunga dan holtikultura, peternakan dan pembuatan waduk.
Kampus Kwala Bekala dikembangkan sebagai kampus yang humanis (nyaman, aman dan menyenangkan, berskala pejalan kaki), hemat energi, sehat dan ramah lingkungan, serta mencerminkan visi USU sebagai “U for I” (University for Industry). Selain itu, kampus ini direncanakan akan menampung aktifitas akademik, sosial dan industri dalam: (1) Zona Akademik dan Laboratorium Terpadu; (2) Zona Pendukung (club house, komersial, fasilitas umum dan fasilitas sosial); (3) Zona Arboretum – Hutan Pendidikan; (4) Zona Pembenihan Sawit; dan (5) Zona Peternakan.
Kampus Kwala Bekala memiliki rencana tata bangunan dan lingkungan (RTBL) yang dituangkan dalam rencana induk yang berfungsi sebagai pedoman dan pengendali pembangunan dan pemanfaatan ruang yang khusus berlaku pada kawasan kampus Kwala Bekala. Dengan demikian, diharapkan proses pertumbuhan fisik pada kampus ini dapat terkendali dan selaras, sehingga tidak memperburuk kualitas lingkungan.
Fakultas
FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Arti Lambang
Lambang Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara adalah lambang Universitas Sumatera Utara berupa
karangan bunga bertuliskan Fakultas Hukum, yang terdiri dari:
1. Bintang , melambangkan ketinggian ilmu;
2. Rangkaian kembang melati , melambangkan keluhuran budi;
3. Rangkaian padi , melambangkan kian berilmu kian merunduk;
4. Rangkaian daun tembakau , melambangkan hasil tanah Deli, tempat Universitas Sumatera Utara berada.
Bendera Fakultas Hukum berwarna merah hati dengan tulisan hitam di tengah lambang Universitas Sumatera Utara bertuliskan
Fakultas Hukum, bunga kapas putih, padi kuning, bunga melati putih, daun tembakau hijau,
tulisan hitam dasar lingkaran kuning hijau, dan les hitam.

Sejarah Fakultas Hukum USU

Yayasan Universitas Sumatera Utara didirikan pada tanggal 4 Juni 1952 oleh :
•  Abdul Hakim (Gubernur Propinsi Sumatera Utara)
•  Dr. Mansoer (Chirurg di Medan)
•  Dr. Soemarsono (Inspektur Kesehatan Rakyat Propinsi Sumatera Utara)
Pada bulan Januari 1954 Yayasan Universitas Sumatera Utara mendirikan Fakultet Hukum dan Pengetahuan Masyarakat,
yang diresmikan pada tanggal 12 Januari 1954. Selanjutnya pada tanggal 1 September 1955 Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat serta
Fakultas Kedokteran diserahkan kepada Pemerintah Republik Indonesia .

VISI, MISI DAN TUJUAN FAKULTAS HUKUM

Visi
Menjadi Fakultas Hukum terkemuka, yang menghasilkan lulusan berkualitas. bermoral,
profesional dan memiliki keunggulan kompetitif baik ditingkat nasional maupun  internasional.

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian hukum berbasis kompetensi yang menekankan pada pemecahan masalah sesuai dengan trend perkembangan hukum nasional dan  internasional

2.Meningkatkan mutu proses belajar mengajar melalui pembangunan sarana, prasarana, fasilitas pendidikan,pembinaan karir serta peningkatan kesejahteraan dosen dan pegawai.

3. Melibatkan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan ilmiah (trend) dan pengabdian pada masyarakat dengan pemecahan masalah (problem solusions) sesuai dengan pengembangan hukum ditingkat nasional
dan internasional sesuai dengan kompetensinya.

 Tujuan

1. Tercapainya lulusan yang memiliki kompetensi dan daya saing tinggi di bidang hukum sesuai dengan
perkembangan hukum nasional dan internasional
2. Memaksimalkan hasil Transfer Of Knowledge dalam proses belajar mengajar.
3. Meningkatkan kemampuan, ketrampilan dan  wawasan civitas akademika untuk memecahkan masalah hukum baik ditingkat nasilonal maupun internasional menuju “University For Industry”

Komentar
  1. yukeagustin berkata:

    terima kasih infonya

  2. mediantario berkata:

    terima kasih informasi nya

  3. bani6up berkata:

    sama-sama mediantari 🙂

Tinggalkan komentar